Fungsi Komponen Boiler

Fungsi Boiler ( Ketel Uap )

Alat Untuk memasak / memanaskan air sehingga menghasilkan uap untuk berbagai keperluan.

Komponen Boiler dan Fungsinya:

1. FURNACE

– Tempat pembakaran bahan bakar dan udara di dalam Boiler.

– Tempat memanaskan air di dalam Wall tube.

1a, Rise Tube: Pipa pemanas yang terletak di dalam furnace yang memiliki fungsi untuk memanaskan air di dalam ruang bakar (furnace) yang datang dari steam drum.

1b, Downcomer: Pipa yang terletak di luar furnace yang berfungsi untuk menyalurkan air dari Steam Drum ke Rise Tube.

2. SUPERHEATER

Komponen Boiler yang berfungsi untuk memanaskan lanjut uap dari steam drum sebelum uap tersebut digunakan untuk memutar Turbin Uap atau keperluan lainnya sesuai dengan desain awal Boiler.

Superheater biasanya terdiri dari 2 tingkat, yaitu:

2a, Superheater Primer: Berfungsi memanaskan lanjut uap dari superheater sekunder, sehingga temperatur uap memenuhi syarat sebelum dialirkan untuk memutar ke Turbin Uap.

2b, Superheater Sekunder: Berfungsi untuk memanaskan uap dari Boiler Drum (Steam drum) sebelum dipanaskan kembali di Superheater Primer.

3. ECONOMIZER

Suatu alat yang berfungsi untuk memanaskan air pengumpan Boiler dengan memanfaatkan sisa panas dari gas buang pembakaran Boiler.

4. AIR HEATER

Komponen Boiler yang berfungsi untuk memanaskan udara sebelum digunakan untuk pembakaran bahan bakar Boiler dengan memanfaatkan sisa panas gas buang pembakaran Boiler.

5. ID FAN ( Induced Draft Fan )

– Menjaga atau mempertahankan tekanan diruang pembakaran Boiler agar selalu negatif ( lebih rendah dari tekanan udara di luar Boiler ).

– Menarik udara gas buang pembakaran Boiler dan membuang / melepaskannya ke udara luar melalui saluran buang / Cerobong Asap ( Stack / Chimney ).

6. PA FAN ( Primary Air Fan )

Suatu alat ( Kipas ) yang berfungsi untuk memberikan udara pembakaran ke dalam ruang bakar sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

7. SA FAN (Sekunderi Air Fan)

Kipas yang berfungsi untuk mengalirkan / menambahkan udara ke dalam bagian tengah furnace agar terjadi turbulensi di ruang bakar, sehingga panas pembakaran akan terfokus di furnace.

8. SOOT BLOWER

Untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan pipa pipa pemanas Boiler. Soot Blower biasanya di pasang di ruang Furnace, Superheater, Economizer dan Air Heater.

9. STEAM DRUM ( Boiler Drum)

Komponen / bagian Boiler yang memiliki fungsi:

  • Menampung air pengisi Boiler sementara sebelum di panaskan dalam rise tube (pipa pemanas).
  • Menapung uap sementara hasil dari rise tube sebelum dipanaskan kembali di superheater.

10. BFP (Boiler Feed Pump)

Pompa air yang berfungsi memompakan / mengalirkan air dari Deaerator tank ke dalam Steam Drum, sekaligus memberikan tekanan positif untuk menjaga tekanan Steam Drum.

Tekanan BFP harus lebih besar daripada tekanan Steam Drum agar air pengumpan bisa mengalir mengisi Drum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *